5 STRATEGI MARKETING PERUSAHAAN JASA. Seminar ke 4 business practice 4 JOIN WITH RADAR MALANG
Radar Malang, jasa penyedia media informasi koran terbesar yang berlokasi di Kota Malang, dimana radar malang merupakan bagian dari jawa pos group. Tahun 1999 menjelang berlakunya otonomi daerah di Indonesia, Jawa Pos membuat 7 radar dijawa timur sebagai pelopor koran derah. yakni Malang, Kediri, Jember, Bromo, Madiun, Bali, dan Madura. Sekarang dijawa timur telah terdapat 12 radar setelah 7 radar tersebut yang lain adalah banyuwangi, surabaya, tulungagung, mojokerto dan jombang.
adapun perbedaan media cetak seperti koran dan media informasi online. kedua media ini sama-sama membawa sumber informasi dunia, sama-sama membawa informasi atau berita yang berkualitas namun terdapat satu inti yang sangat mencolok dari keduanya yang dapat dijadikan pembanding. ketika informasi melalui media online dapat disajikan oleh siapa saja sisi kebenaran atau lebih familiar disibut hoax lebih cenderung besar, jika dibandingkan dengan media cetak koran seperti radar malang.
Bisnis koran adalah khas
khas dapat diartikan mempunyai karakteristik tersendiri, yakni :
- satu sisi produknya dapat dianggap sebagai barang
- sisi lain produknya dapat dianggap sebagai jasa
- jam kerja yang khas (divisi redaksi) radar malang merupakan satu-satunya perusahaan yang menerapkan tidak adanya hari libur pada hari-hari besar seperti natal, tahun baru dll. kecuali hari raya idul fitri.
Tantangan bisnis koran
- Gempuran online, media sosial dan media elektronik
- Life style yang berubah, hal ini tidak dapat dipungkiri, gaya hidup yang serba praktis telah melekat pada generasi saat ini. hal ini menjadi semangat inofasi bagi radar malang agar dapat merangkul pembaca media informasi. selain berdampak pada pembaca hal inipun berdampak pada pola fikir pemasang iklan.
- perubahan demografis, angka usia muda di indonesia semakin meningkat maka radar malang ditantang untuk dapat menyesuaikan dengan tren masa kini.
What did radar malang do ?
- strategi konten ( pola pemberitahuan lebih indepth, investigative, blow up)
- membuat online berbasis print ( berita cetak mengait di online, dan berita online mengait di cetak )
- strategi dekat dengan pembaca/masyarakat
- menggaet minat pembaca muda
- menggaet komunitas,keluarga,perempuan
- harus selalu berada dalam "alam bawah sadar" pembaca/masyarakat ( brand radar Malang harus terus menerus tampil di public)
STRATEGI MARKETING RADAR MALANG
- Penentuan Pasar
-penentuan stp (segmentation,targeting,positioning)
-segmentasi prioritas
-menengah (kelas B), menengah ketas (AB), dan atas (A)
-Young people
-woman
-netizen
-Young family
-Segmentation adalah bidikan. targeting adalah destinasi. positioning adalah kemapanan dalam
posisinya yang kokoh dan semakin kuat. - Perencanaan Produk
-peduli packaging hal ini terkait dengan penampilan atau pewajahan media cetak. salah satu
yang memegang peranan penting adalah layout
-packaging harus selalu menarik,dinamis,memudahkan pembaca dan kreatif - managemen harga
-adalah psikologis yang harus dijaga
-harus benar benar cermat dalam merumuskan harga koran.
-didalam harga koran, ada margin yang harus dibagi dengan agen. - distribusi
-jalur koran masih konfensional
-percetakan => ekspedisi => agen =>sub agen =>striker => pembaca/ pelanggan/pembeli
-karena sangat mengandalkan agen, sub agen dan stirker, maka harus benar-benar bisa
memaintenance mereka dengan baik. - promosi dan komunikasi
a. popmotion by product
b. promotion by customer satisfaction
c. promotion by recognition
d. promotion by Achievement
pembicara
Bpk.Kurniawan Muhmmad
Penulis
Soni Irawan
Komentar
Posting Komentar